Another Templates

Sabtu, 21 Mei 2011

PROTOKOL SMS

SMS dikirim dan diterima melalui jaringan wireless. Sudah tentu sebuah jaringan mempunyai protocol yang akan digunakan sebagai penunjangnya.Protokol yang sering dipakai oleh SMS adalah sebagai berikut.

· HTTP ( Hypertext Transfer Protocol)

HTTP merupakan protokol yang paling sering digunakan dalam internet saat ini.Tujuan utama HTTP pada mulanya adalah untuk menyediakan cara dalammenyajikan dan mengambil dari halaman HTML. Saat ini, penggunaan HTTPtidak terbatas dalam penyajian halaman HTML saja. Pengembangan HTTPdikontrol oleh World Wide Web Consortium (W3C) dan Internet EngineeringTask Force (IETF). Versi HTTP yang biasa dipakai saat ini adalah HTTP/1.1.Penjelasan tentang versi ini dapat dilihat pada RFC 2616 yang dapat diakses melalui alamat http://www.ietf.org/rfc/rfc2616.txt.

· SMPP (Short Message Peer-to-Peer Protocol)

SMPP merupakan sebuah protokol yang dirancang khusus untuk menangani SMS.SMPP pertama kali didesain oleh sebuah perusahaan kecil Irlandia yang bernamaAldiscon, sebelum akhirnya dibeli oleh Logica. Pada tahun 1999, secara resmipengembangan teknologi SMPP diambil alih oleh SMPP Developers Forum,sebelum berganti nama menjadi The SMS Forum. Versi SMPP yang palingbanyak digunakan adalah versi 3.3 (versi dengan kemampuan standar) dan versi3.4, yaitu sebuah versi yang di dalamnya ditambahkan kemampuan transceiver (kemampuan dalam mengirim dan menerima pesan dalam satu koneksi). Saat ini kemampuan SMPP terus ditambah dan sekarang SMPP telah mencapai versi 5.0.



sumber : http://tobay.wordpress.com/2010/11/14/protokol-sms/

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2010 ..::.. Rinie ..::.. | Design : Noyod.Com