Another Templates

Jumat, 01 Januari 2010

TUGAS SOFTSKILL MEMBUAT ANIMASI BOM BOLA WARNA-WARNI

Pada tugas softskill mengenai animasi 3D ini,saya mencoba membuat sebuah animasi 3 dimensi dengan menggunakan 3ds max 7.Yaitu saya akan membuat animasi bola berwarna-warni yang akan meledak secara bersamaan dengan jarak yang berdekatan.
Langkah – langkah mengenai pembuatan gambar animasi ini akan saya jelaskan secara detail pada tulisan saya ini.
Pertama – tama yang kita lakukan adalah membuka terlebih dahulu 3ds max 7.Kemudian ikuti langkah-langkah berikut:

1.MENGAKTIFKAN VIEWPORT FRONT
Untuk mengetahui Viewport yang sudah aktif maka akan terlihat garis pinggir(border) berwarna kuning.Klik Viewport Front untuk mengaktifkannya.Maka akan terlihat gambar seperti ini:


2.MEMBUAT BOLA

Kliklah panel create,Lihat tanda bulat yang ada pada gambar di bawah ini:

Kemudian klik Icon Geometri,Yaitu icon yang bergambar bola.Kemudian pada pilihan,kita pilih Standard Primitives dengan cara mengklik panah ke bawah untuk dapat memilih.Kemudian Klik tombol GeoSphere.


Kemudian letakkan bola pada Viewport Front.Dengan cara mengklik pada Viewport Front dan sambil menggesernya untuk dapat membuat bola Geosphere.Maka akan tampak sebuah bola berwarna merah.

Untuk menggeser objek yang kita buat,dapat menggunakan tanda select and move .

.



3.MEMBUAT BOM
Yaitu dengan mengklik panel Create,kemudian Klik Icon Space Warps, yaitu icon yang berlambang seperti ombak.Lalu pilih geometric/Deformable dengan cara mengklik tanda panah ke bawah untuk memilihnya.Lalu klik Tombol Bomb.Ini digunakan untuk dapat memberi efek bom.
.
4.MELETAKKAN BOM DI BOLA

Klik lah Viewport Front agar kita dapat meletakkan bom tersebut ditengah-tengah bola.Icon bom bergambar segitiga yang terletak ditengah bola.



.

5.MEMBUAT BOM SUPAYA DAPAT MELEDAKKAN BOLA

Kliklah Icon Bind to Space Warp yang ada pada toolbar di sebelah kiri bagian atas.Kadang icon-icon ini tidak terlihat, memang sengaja disembunyikan karena icon-icon pada toolbar tersebut agak banyak sehingga membuat tampilan toolbar semakin panjang.
.

.
6.TANAMKAN BOM KE DALAM BOLA
Kita Arahkan kursor ke bom sampai muncul ikon Bind to Space Warp.Lalu klik dan tahan. Geser dan arahkan ke objek bola,kemudian lepaskan klik,pastikan bahwa letaknya sudah benar.Sekarang bom sudah tertanam dalam bola dan tinggal menunggu saatnya untuk diledakkan.

7.MENGATUR PARAMETER BOM

Kliklah Panel Modify.Isikan Gravity = 0, Chaos = 5.
.
8.MELIHAT TAMPILAN ANIMASI
Geserkan slider animasi ke kiri dan ke kanan untuk melihat efek dari bom dalam meledakkan bola.



9.MEMBUAT RENDER ANIMASI

Kita dapat merender animasi bom tersebut agar bisa menjadi file video (AVI.
Yaitu dengan cara tekan F10.Lalu ikuti langkah-langkah berikut ini:
.
Kemudian klik tanda yang dilingkari (File):


Lalu klik Render.Maka akan muncul tampilan sebagai berikut:
.

Jangan lupa untuk memberi nama file tersebut dengan akhiran .AVI.

Demikianlah tulisan ini saya buat..Maaf bila terdapat kekurangan.Hal ini dikarenakan Saya masih dalam proses pembelajaran..Apabila ada yang ingin memberikan komentar atau masukannya terhadap tulisan ini Saya akan senang sekali.Terimakasih..Mudah-mudahan dapat menambah ilmu dan wawasan kita...^^


0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2010 ..::.. Rinie ..::.. | Design : Noyod.Com